INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gunungan, Mengandung Makna dan Gambaran Hidup Semesta

Gunungan, Mengandung Makna dan Gambaran Hidup Semesta



Jsatu - Wayang gunungan/kayon merupakan lambang pusat kehidupan dan bermakna sebagai lambang pusat kehidupan dan bermakna sebagai lambang ketuhanan adapula yang menyebutkan lambang alam bagi wayang dan mempunyai makna bahwa hidup yang melalui mati atau hidup di alam fana.Gunungan (kayon) dalam wayang sadat merupakan salah satu pokok falsafah bagi wayang itu sendiri, dan merupakan baku wayang (dalam cerita wayang) atau merupakan inti dari falsafah (wayang sadat) kesenian Islam, yang mempunyai tujuan kesempurnaan hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia-akhirat.

Internalisasi nilai jiwa dan Islam dalam aspek wayang merupakan salah satu bagian yang khas dari proses perkembangan budaya di Jawa. Wayang yang merupakan suatu produk budaya manusia yang terkandung di dalamnya seni estetis. Wayang yang dahulu mempunyai fungsi sebagai tontonan kini juga berfungsi sebagai tuntunan kehidupan bagi manusia.

Wayang gunungan mempunyai makna lebih jauh dan mendalam karena mengungkapkan gambaran hidup semesta (wewayang urip). Wayang dapat memberikan gambaran lakon kehidupan umat manusia dengan segala masalahnya. Dalam dunia pewayangan tersimpan nilai-nilai pandangan hidup jiwa dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan kesulitan hidup.



0 Comments:

Responsive

Ads

Here