INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Danau Kastoba, Obyek Cagar Alam yang Dilindungi

Danau Kastoba, Obyek Cagar Alam yang Dilindungi



Jsatu - Danau Kastoba terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. berada di puncak ketinggian dan berada di tengah-tengah Pulau Bawean. Danau Kastoba berada di tengah-tengah Pulau Bawean dan luasnya sekitar 725 hektare.

Untuk sampai ke Danau Kastoba, pengunjung harus menyeberang ke Pulau Bawean terlebih dulu. Dari Dermaga Sangkapura, Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama 1,5 jam hingga 2 jam. Jalanan menuju Kecamatan Tambak cukup bagus dan lebar. Namun begitu memasuki kawasan Desa Paromaan, Anda akan dihadapkan dengan jalanan yang sempit, meliuk dan naik turun. Meski jalan nya sudah dilapisi dengan aspal, tetapi dengan medan yang cukup terjal dan sempit, sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor.

Setibanya di Desa Paromaan, parkirkan motor di perumahan warga. Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki sekira 20 menit. Perjalanan cukup menguras energi akan terbayar dengan suasana danau yang asri, teduh, di antara belantara pepohonan.

Untuk menikmati keindahan Danau Kastoba, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Namun sebelum melewati jalur pendakian, pengunjung diharapkan meminta izin kepada masyarakat yang rumahnya berada tepat di bawah kawasan Danau Kastoba. Hal ini dimakasudkan, supaya masyarakat mengetahui jika ada pengunjung yang berkunjung karena kawasan danau sangat sepi.

Dengan prasarana jalan setapak dan melewati keindahan rimbunan pohon-pohon raksasa berumur ratusan tahun. Untuk menikmati keindahan dan pesona danau ini dapat dicapai dengan berjalan kaki. Di tempat ini terdapat spesies satwa langka aneka serangga yang takkan mungkin sama jenisnya dengan serangga di pelosok negeri, sehingga lokasi ini mempunyai daya tarik luar biasa dan sulit dibandingkan dengan obyek wisata lainnya dan merupakan kenyamanan tersendiri bagi para pecinta alam. 

Selain itu, Hamparan air tawar yang ada di danau ini banyak dihuni oleh ikan mujair species khas air tawar. Berdasarkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur Danau Kastoba merupakan salah satu obyek Cagar Alam yang dilindungi di Pulau Bawean.

0 Comments:

Responsive

Ads

Here