INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

10 Tips Sederhana Rumah Tangga Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

10 Tips Sederhana Rumah Tangga Bahagia yang Perlu Anda Terapkan



Jsatu - Tips Sederhana Rumah Tangga Bahagia yang Perlu Anda Terapkan


1. Pahami Arti Kebahagiaan

Tips awal yang harus diketahui dalam membina rumah tangga bahagia dunia akhirat adalah memahami arti kebahagiaan itu sendiri. Karena, tidak bisa dipungkiri bahwa adapula yang memahami arti kebahagiaan hanya sebatas pada capaian materi saja. Bahagianya diukur dengan seberapa kaya, seberapa banyak harta dan penilaian tampilan fisik lainnya.

Padahal, dalam Islam kebahagiaan itu diukur pada seberapa taat kita kepada Allah. Bahagia itu sederhana dalam Islam, taat pada Allah. Puncak kebahagiaan seorang muslim-muslimah diukur dengan seberapa mampu ia taat dengan perintah Allah SWT. Karena pada hakikatnya, jikalau ia taat maka hal ini bisa mendatangkan ridha Allah SWT. Ia ridha kepada Allah, maka Allah pun ridha. Maka, Allah akan memanggilnya masuk dalam surgaNya.

2. Pahami Kekurangan Pasangan Anda

Kunci rumah tangga rukun dan bahagia selanjutnya adalah dengan memahami kekurangan pasangan. Hal ini penting, karena kadang seseorang menganggap bahwa seseorang itu sempurna atau lupa bahwa pasangannya adalah manusia biasa, yang kadang melakukan kesalahan.

 Akibatnya jika terjadi hal demikian, ia selalu membayangkan bahwa pasangannya selalu mampu melakukan sesuatu yang sempurna. Padahal tidak sama sekali. Suatu saat ia pasti akan melakukan kesalahan juga.

Oleh karena itu, dalam benak kita harus ditanamkan sikap mau memahami kekurangan pasangan. Setelah kita mau memahami kekurangan pasangan, maka akan timbul dari dalam diri kita timbul sikap toleransi diantara keduanya.

3. Saling Mengisi dan Menutupi Kekurangan Pasangan

Ini adalah bagian selanjutnya dari memahami kekurangan pasangan. Setelah itu, ia harus berusaha saling mengisi dan menutupi kekurangan pasangan. Bagai sepasang sepatu, maka ia tidak akan sempurna jika hanya sepatu bagian kanan saja. Ia tetap membutuhkan sepatu bagian kiri agar bisa digunakan dengan baik.

Pun begitu pula dengan pasangan, ia harus mengisi kekurangan pasangannya semampunya. Mengisi kekurangan pasangan bisa berarti menutupi atau menyempurnakan apa yang tidak ada pada pasangannya. Ia memberikan nasihat dan saran yang baik kepada pasangannya.

4. Ingatlah Kembali Tujuan Pernikahan

Tips menjalani rumah tangga bahagia selanjutnya adalah dengan mengingat kembali tujuan pernikahan, diantaranya untuk mendapatkan sakinah (ketenangan), mawaddah (rasa cinta) dan rahmah (kasih sayang) di dalamnya.

Jadi, mustahil bisa mendapatkan ketenangan, cinta dan kasih sayang secara bersamaan dalam hidup, jika tidak dilalui dengan jalan pernikahan. 

5. Ucapkanlah Kata-Kata Romantis

Tips menuju rumah tangga bahagia selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk mengucapkan kata-kata romantis kepada pasangan. Semisalnya dengan ucapan "Sayang, aku mencintaimu". Sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW, bagaimana beliau mengucapkan kata-kata romantis kepada Siti Aisyah, istri beliau dengan ucapan "Ya khumairoh, wahai engkau yang pipinya kemerah-merahan".

Biasanya keadaan ini terbalik, muda-mudi yang belum menikah (pacaran), malah dengan mudah mengumbar kata-kata romantis kepada pria atau wanita pujaannya tanpa sungkan. Malah hal ini, kadang tidak dipraktekkan dalam rumah tangga yang jelas kehalalannya melakukan hal itu.

6. Jangan Sungkan Meminta Maaf atas Kesalahan

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Ini pun terjadi pada pasangan anda, oleh karena itu agar rumah tangga bahagia maka kebiasaan meminta maaf kepada pasangan jika melakukan kesalahan juga harus diterapkan.

Minta maaflah atas kesalahan, sekecil apa pun itu. Karena kalau dibiarkan, maka kesalahan-kesalahan kecil itu bisa merasuk dalam hati pasangan. Sehingga bisa timbul citra atau pikiran negatif dalam pikiran pasangan anda.

Jika anda melakukan kesalahan, segeralah meminta maaf. Jika dilakukan oleh suami, maka segeralah bujuk rayu istri anda dengan ucapan permohonan maaf. Jika itu dilakukan oleh istri kepada suaminya, maka segeralah meminta maaf dan cium tangan suami. Sebagai tanda engkau betul-betul meminta maaf kepadanya. Karena bagi istri, taatnya setelah ia menikah ialah taat kepada suami.

7. Seimbangkan antara Pekerjaan dan Keluarga

Menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga merupakan sesuatu yang amat sangat penting. Terkadang, banyak suami yang lupa meluangkan waktunya untuk keluarganya. Alasannya karena kesibukan kerja.

Padahal selain pekerjaan yang harus diurusi, ada juga istri dan anak-anak di rumah yang membutuhkan perhatian dan kehadiran sosok suami dan ayah.

Begitu pun dengan istri yang memutuskan untuk bekerja, ia juga tidak boleh perannya sebagai seorang istri dan sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya. Suami atau istri yang bekerja harus belajar menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga untuk mencapai kebahagiaan dalam rumah tangga.

8. Komunikasi dengan Pasangan

Karena faktor kesibukan, maka banyak keluarga modern tidak bisa lagi menyempatkan dirinya untuk sekedar berkomunikasi dengan keluarga dan pasangan. Padahal, jika komunikasi yang intens dilakukan dengan pasangan, maka hal ini juga menjadi kunci kabagaiaan dalam rumah tangga.

Oleh sebab itu, sempatkanlah untuk berbincang dengan pasangan dalam sehari. Berbincanglah dengan santai sebelum berangkat kerja atau selepas pulang dari kantor di malam hari. Gunakan waktu itu sebaik-baiknya, walaupun itu hanya sekitar 30 menit hingga 1 jam.

9. Saling Mengalah

Langkah selanjutnya untuk mencapai kebahagiaan rumah tangga adalah dengan menanamkan sikap saling mengalah diantara pasangan. Ia tidak boleh memperturutkan egonya (rasa ingin menang dan benar) sendiri. Sikap seperti ini harus dibuang jauh-jauh.

Jika terjadi pertengkaran atau ketegangan kecil dalam rumah tangga, maka segeralah untuk saling mengalah satu sama lain. Karena pikiran yang jernih tidak didapatkan dari rasa marah di dalam hati. Sebaliknya segala persoalan dan permasalahan rumah tangga yang menerpa bisa diselesaikan dengan mudah jika didasari dengan pikiran jernih.

10. Selalu Berdoa Meminta Kebahagian kepada Tuhan

Tips terakhir dalam menjaga kebahagiaan rumah tangga adalah dengan berdoa kepada Allah agar diberikan kebahagiaan dalam rumah tangga. Daya dan upaya manusia terbatas, namun manusia masih punya pilihan untuk meminta, mengadu dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan karunia berupa rumah tangga bahagia.

Doakanlah kebaikan bagi pasangan anda. Saling mendoakan satu sama lain. Dan bisa pula diterapkan, bangun malam untuk shalat tahajud secara bersama-sama, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW membangunkan istrinya untuk shalat malam.

Dalam shalat malam tersebut, berdoalah kepada Allah. Niscaya Allah SWT akan mengaruniakan rumah tangga bahagia selamanya.

semoga bermanfaat

0 Comments:

Responsive

Ads

Here